Kamis, 27 Januari 2011

SETIA DALAM PERKARA KECIL (Matius 25:14-30)
Oleh: Pdt. Paran, S.Th

1. Pendahuluan
Setia dalam perkara kecil merupakan tema kita saat ini. Hal ini penting untuk di dengar oleh jemaat dengan tujuan supaya jemaat dapat memiliki kesetian dalam hal-hal kecil dan belajar menghargai mereka yang dianggap kecil atau tidak ada apa-apanya. Serta belajar menghargai apa yang dipercayakan sekalipun itu dianggap kecil. Ingat banyak orang yang tidak setia dalam perkara kecil, padahal perkara kecil adalah batu loncatan menuju perkara-perkara besar baik dimata manusia lebih-lebih dimata Tuhan.
2. Arti dari setia dalam perkara kecil
Setia dalam kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S. Poerwadarminta adalah _ 1, tetap dan teguh hati,_2. patuh, taat, _ 3. Berpegang teguh. Sedangkan yang diartikan perkara kecil adalah hal-hal yang dianggap remeh, sederhana, tidak ada apa-apanya . Jadi yang dimaksud dengan setia dalam perkara kecil adalah orang-orang yang dengan setianya ( tetap, teguh hati, patuh, taat dan berpegang teguh) menjalankan segala tanggungjawabnya kepada Tuhan. Tanggungjawab disini berupa kemampuan, bakat atau jabatan baik dalam dunia sekuler maupun dalam dunia rohani-pelayanan.
3. Tantangan dalam hal setia dalam perkara kecil
Adapun tantangan untuk setia dalam perkara kecil adalah:
Pertama apakah ada kerajinan dan merasa tertantang untuk mengembangkan apa yang dipercayakan (ayat 15-17) atau sebaliknya (ayat 18).
Kedua apakah adanya kesadaran bahwa suatu saat Tuhan meminta pertanggungjawaban atas apa yang dipercayakanNya ( ayat 19-30).
Ketiga apakah bisa melihat sebuah tanggungjawab yang kelihatan kecil itu sebagai suatu kesempatan atau batu loncatan untuk memperolah tanggungjawab yang besar (ayat 21, 23). Keempat apakah ada kesadaran dalam diri bahwa Tuhan sangat senang dan memberi penghargaan bagi yang setia (ayat 21,23). Keempat bagian diatas hendaknya menjadi acuan bagi seseorang untuk setia dalam menjalankan segala bentuk tanggungjawab yang dipercayakan kepadanya.
4. Berkat dari setia dalam perkara kecil
Mereka yang tetap setia dalam perkara-perkara kecil akan menerima berkat dari Tuhan. Tuhan begitu menghargai orang-orang yang demikian. Adapun berkat yang akan diterima oleh mereka yang setia tadi adalah pertama menerima sebutan sebagai orang yang baik dan setia (ayat 21,23), kedua menerima kebahagian-merasakan kebahagian bersama Tuhan (ayat 21, 23; Wahyu 14:13). Ketiga diberikan tanggungjawab dalam perkara yang besar ( ayat 21, 23) .
5. Kesimpulan
Jadi arti dari setia dalam perkara kecil adalah setia dalam melakukan hal-hal yang dianggap sederhana, kecil, tidak ada apa-apanya yang menyangkut bakat, kemampuan, jabatan dengan segala tantangannya namun diperhitungkan Tuhan, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar