Kamis, 27 Januari 2011

Pengampunan

Pengampunan (Mat.6:14-15)

Di dunia ini sering kita menemui orang-orang yang menjengkelkan bahkan menyakitkan. Terkadang kata-kata dan tindakannya sangat melukai. Mereka terkadang dengan sadar melakukannya. Orang yang berkata-kata dan bertindak diluar perkiraan kita itu bisa jadi adalah keluarga, sahabat, pimpinan dan sebagainya.
Maunya orang-orang yang demikian enyah dari kehidupan kita. Pada kenyataannya orang yang demikian terus ada disekitar kita. Lalu bagaimana kita bersikap terhadap mereka? Alkitab menyatakan kita harus memberikan pengampuan supaya dosa kita juga mendapat pengampunan dari Tuhan ( Mat.6:14-15). Kedua kita tetap menjadi berkat dengan berbuat baik terhadap mereka ( Rm.12:14;20). Ketiga tidak boleh membalas dengan melakukan kejahatan yang sama ( Rm.12:17). Ketempat meneladani Tuhan Yesus yaitu berdoa supaya mereka mendapat pengampunan( Luk.23:34).
Bagi orang Kristen pengampunan seharusnya mewarnai akan kehidupannya dengan orang-orang disekitarnya. Memang bagian ini gampang untuk diucapkan tetapi sulit untuk dilakukan. Hendaknya hal ini tidak dijadikan pembenaran untuk tidak melepaskan pengampunan kepada mereka yang telah melukai kita dengan kata-kata dan perbuatannya. Alkitab menyatakan hendaknya pengampunan it uterus-menerus dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar