Kamis, 27 Januari 2011

Beribadah Bersama

Beribadah Bersama (Ibrani 10:25)
Beribadah kepada Tuhan ada yang dilakukan secara Pribadi ada juga dilakukan secara bersama-sama terutama ibadah raya seperti ibadah di hari minggu. Ibadah pribadi memiliki ciri khas tersendiri demikian juga ibadah raya. Ibadah pribadi tanpa ada susunan liturgy dan tidak ada batasan waktu sedangkan ibadah raya sebaliknya.
Ibadah raya secara bersama-sama merupakan ciri dari gereja mula-mula (Kis.2:42). Bahkan beribadah bersama sudah dilakukan sejak zaman Israel kuno ( Mz. 50:5). Sekalipun demikian ada jemaat yang tidak mau hadir beribadah bersama, bahkan ketidakhadiran mereka sudah menjadi kebiasaan (Ibr.10:25). Untuk itulah sekali lagi penulis Ibrani melarang jangan sampai mengikuti kebiasaan dari jemaat yang malas hadir beribadah bersama ( Ibrani 10:25).
Sejauh manakah kepentingan ibadah bersama ? Pertama ibadah bersama merupakan tanda dari kesatuan ( Yoh.17:21). Kedua adanya kebersamaan (Kis.4:32). Ketiga adanya kesempatan untuk mendengar pengajaran (Kis.2:42). Kelima untuk saling mendoakan (Kis.2:42). Keenam bentuk kecintaan kepada Tuhan (Mat.6:33). Dengan demikian janganlah kita meninggalkan ibadah bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar